VLOG

Ini Upaya Jabodetabekjur Atasi Urbanisasi

Selain macet dan banjir, penanganan masalah urbanisasi juga akan menjadi fokus.
Jum'at, 21 Oktober 2011
Oleh : Eko Priliawito, Siti Ruqoyah
Kawasan padat penduduk

VIVAnews - Pembenahan transportasi dan penanganan banjir di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur (Jabodetabekjur) menjadi program khusus Badan Kerjasama Pembangunan (BKSP) kawasan Jabodetabekjur.

Ada sekitar 251 kegiatan yang diusulkan sebagai program prioritas BKSP. Selain macet dan banjir, penanganan kepadatan dan persebaran penduduk, perluasan layanan pendidikan dan kesehatan, tenaga kerja dan masalah sosial, peningkatan kualitas lingkungan, bencana alam, dan penyakit menular dan bahaya kebakaran.

Seluruh kegiatan akan diselesaikan sepanjang 2012. Sebagai upaya penguatan kelembagaan, yang sumber dananya dari APBN dan APBD baik Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten serta antar kabupaten dan kotamadya.

Di Kabupaten Bogor ada 20 kegiatan, Kota Bogor empat kegiatan, Depok 22 kegaitan, Tangerang Kota 50 kegiatan, Tangerang Selatan 59 kegiatan, Kabupaten Bekasi 34 kegiatan, Kotamadya Bekasi 25 kegiatan, Kabupaten Cianjur 15 kegiatan dan Provinsi DKI Jakarta sebanyak 25 kegiatan.

Dalam tiga tahun terakhir, ada 12 wilayah yang menunjukkan peningkatan antara 4,00 sampai dengan 6,03 persen pada 2010. Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sesuai dengan kualitas SDM yang tergambar pada angka harapan hidup, rata-rata lama waktu sekolah dan angka melek huruf. Lalu, angka IPM 12 wilayah se-Jabodetabekjur tersebut antara 69,14 sampai dengan 77,60.
 
Saat ini tampuk kepemimpinan BKSP Jabodetabekjur, sudah diserahkan dari Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, kepada Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Peningkatan sinergi antara Provinsi DKI Jakarta dengan kota lain di Provinsi Jawa Barat dan Banten akan dipercepat.

"Tahun mendatang, lembaga ini akan fokus pada bidang transportasi, penanganan banjir, dan urbanisasi," ujar Ahmad Heryawan dalam acara serah terima Ketua BKSP Jabodetabekpunjur di Balai Kota.

Sementara Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo berharap agar pemerintah pusat mau memberikan bantuan dan perhatian untuk pembangunan kawasan Jabodetabekjur.

Pada tahun sebelumnya, hasil capaian yang telah dilaksanakan BKSP Jabodetabekjur diantaranya mengenai kesepakatan dalam bentuk produk hukum. Seperti peraturan atau keputusan bersama dalam rangka kerjasama di bidang penataan ruang, pengelolaan sumber daya air, transportasi, kesehatan, pendidikan, sosial, agribisnis, ketenagakerjaan, sarana prasarana serta kependudukan. Semuanya disinergikan dalam bentuk kerja sama.

Kerjasama di bidang pembangunan fisik, antara lain berupa peningkatan jalan dan jembatan di wilayah perbatasan DKI Jakarta, seperti pembangunan Puskesmas. Peningkatan jalan desa, dan pembangunan jembatan jalan.

"Berbagai kerja sama yang  terjalin selama ini, memberikan hasil menggembirakan, antara lain tercermin pada pertumbuhan ekonomi selama lima tahun," katanya.

File Not Found
TERKAIT